Jumat, 19 September 2008

KBB # 7 ULTAH KBB WARNA WARNI_Fruit Pie




Untuk Ultah KBB yang pertama dan untuk pertama kalinya pula aku bergabung di KBB ini, aku putuskan untuk membuat fruit pie yang sarat akan buah yang segar. Kenapa aku memilih untuk membuat kue yang satu ini,..karena selain mudah cara pembuatannya (karena di sambi bikin pesenan kue lebaran), sederhana, juga disesuaikan dengan bulan kali ini yaitu bulan ramadhan, jadi sekalian bisa untuk menu berbuka puasa. Selain alasan itu aku juga ingin menyesuaikan dengan tema kali ini yaitu warna-warni. Dalam fruit pie ini terdapat rasa yang campur aduk, ada manis dari fla dan coklatnya, ada rasa kecut segar dari buah-buahannya, dan di kombinasikan dengan rasa gurih dari kulit pienya. Tapi dari kombinasi rasa yang beraneka warna ini, akan tercipta rasa yang siap membelai-belai lidah orang yang menikmatinya. resep ini sudah aku modifikasi dari resep aslinya. Ini dia resepnya..

Pie Buah (original resep by Bu Edy)

Resep modifikasi :

Bahan Kulit:
250g tepung terigu
175g margarin
1 butir telur utuh
1 sdm gula pasir

ISi Fla :
300ml whipped cream
1 sdm tepung custard
2 sdm gula pasir
1 sdt essence coffenoir
150 g coklat batang di cairkan

Lapisan bening:
1/4 bungkus agar2 bening
1/2 gelas air
1 sdm gula pasir
1/2 sdt vanili
Isi: bisa kiwi, strawberi, ceri, anggur, dll

Cara buat:

Kulit: Campur semua bahan jadi satu menggunakan sendok kayu sampai jadi satu. Setelah itu masukkan ke dalam kulkas selama kurleb 30 menit. Setelah itu dibentuk di cetakan sambil di tekan-tekan, setelah itu permukaan pie di tusuk-tusuk dengan garpu. kemudian di panggang sampai kecoklatan selama kurleb 30 menit dengan panas oven 175 derajat.


Fla: campur whipped cream dengan gula, masak di atas api kecil sambil di aduk rata. Masak hingga gula larut. Tambahkan tepung custard yang terlebih dahulu dicairkan dengan 50 ml air. Aduk rata maasak hingga mendidih dan kental. Angkat. Setelah itu masukkan essencenya.


Penyelesaian : ambil kulit pie, setelah itu permukaan kulit pie di olesi dengan coklat cair, setelah itu tuangkan flanya sampai hampir penuh, setelah itu di hias dengan buah-buahan.

5 komentar:

Vin Wong mengatakan...

bagus koq hasilnya.. sukses ya dah kelar ikutan kbb untuk pertama kalinya:)

Anonim mengatakan...

mbak Lia, fruit pie-nya bikin ngiler..sueger banget pasti bisa takjil ama kue ini!

Sukses terus ya jaga semangatnya buat ikutan selalu tantangan2 KBB !!

Unknown mengatakan...

syedeeeeeeeb dah ahhhh!!

Rita mengatakan...

Enak nih keliatannya kapan2 coba ah...

Judith mengatakan...

Fruit Pie nya cantik Jeng :D (kayak yg bikin)

Kapan2 aku nyoba ah, buah2an bisa diganti sesuai selera kan? Maturnuwun Jeng Lia. Salam..