Rabu, 26 November 2008

Bitter Chocolate Peppermint Biscuits



Tantangan KBB kali ini adalah biscuit berlapis coklat yang dilapisi gula beraroma peppermint.

Dalam proses pembuatan tantangan kali ini aku ngga ngalamin kendala yang berarti. Semua berjalan dengan lancar dan mulus. Dalam pembuatan biscuit ini aku ngikutin semua tahap proses sesuai resep kecuali jumlah takaran gula yang aku kurangi jadi 1/2cup. Untuk takaran tepung pun ngga aku tambahin sama sekali karena udah cukup pas dan ngga lengket ketika di gilas. Hasil jadi dan rasa biscuit ini ngga terlalu renyah dan ngga terlalu keras, pas lah untuk ukuran biscuit yang akan di lapisi dengan bahan isian. Karena kalau terlalu renyah di takutkan biscuit akan cepat melempem ketika akan di tambahi dengan bahan isian. Rasa biscuitnya kayak biscuit "monde", aroma butternya terasa banget. Enaklah pokoknya..

Semua proses berjalan dengan lancar banget sampai biscuit ini jadi. Tibalah saatnya untuk nyicipin hasil akhir dari biscuit. Kalo untuk ukuran lidahku rasa manis dari biscuit yang dilapisi lapisan gula dan coklat ganachenya udah pas..tapi yang agak mengganggu selera makanku adalah rasa peppermintnya itu lho...waaahh orang rumah ternyata kurang cocok dengan biscuit beraroma peppermint. Mungkin lain kali aku akan mengulang membuat biscuit ini tapi dengan tidak menggunakan peppermint flavour. Ini dia resepnya...happy baking...

Bitter Chocolate Peppermint Biscuits
Source: Donna Hay for Canvas, NZ Herald.


Resep versi bahasa Indonesia:

185g mentega, lunakkan (di suhu ruang)
1 cup gula kaster (aku pake 1/2 cup..,amalia)
1 btr telur
2 cups tepung terigu
½ sdt baking powder
1 cup gula tepung
1 sdt peppermint flavouring
2 Tbs air
200g dark chocolate (70 per cent cocoa)
1 cup krim (aku pake 80g whipping cream bubuk + 160 ml air...,amalia)

Panaskan oven, suhu 180C. Letakkan mentega dan gula di dalam mangkuk mixer dan kocok hingga ringan dan creamy, tambahkan telur dan kocok rata. Ayak tepung dan baking powder di atas adonan telur dan aduk hingga tercampur rata.



Uleni adonan dengan lembut supaya adonan tercampur rata. Gilas adonan di antara dua baking paper hingga tebalnya berukuran 2mm (aku memakai 2 lembar plastik pada waktu menggilas adonan....,amalia). Diamkan di kulkas selama 30 menit. Potong-potong persegi panjang dengan ukuran 7x5 sebanyak 36 biji. Letakkan ke atas loyang biskuit yang dialasi baking paper dan panggang selama 5/6 menit atau hingga kecoklatan (aku kemaren manggang kurleb 15 menit....,amalia). Biarkan dingin di atas loyang tersebut.



Campur gula tepung, peppermint flavouring dan air, aduk hingga licin. Sisihkan. Campur coklat dan krim di atas panci dengan api kecil dan aduk hingga coklat leleh dan licin tercampur rata. Sisihkan.

Rapatkan tiga lembar biskuit dengan peppermint icing. Ulangi dengan sisa bahan. Olesi rak tipis2 dengan margari/mentega dan letakkan di atas loyang. Letakkan biskuit di atas garpu, celupkan ke dalam adonan coklat, letakkan ke atas rak dan dinginkan di kulkas selama 2 jam atau hingga mengeras.

6 komentar:

Unknown mengatakan...

hehehe peppermint ini rada2 'menggigit' ya. anak2ku juga ga doyan, aku apalagi. aku kurang suka yang manis2, meskipun coklatnya pake 72% tetep aja maniiiiis nis nis. ya sutra, mungkin lain kali fillingnya ganti stroberi, coconut, atau vanila kali ya.

Rita Sella mengatakan...

perfect banget tuh penampakan biscuitnya, sukses ma tantangannya ya

A. Ann mengatakan...

Wuihh bikinnya banyakk..bagi dong Bun..

Bee Brownies mengatakan...

wahhh, mirip titam beneran niy mbak:)salam KBB!

shashakoe mengatakan...

wah rapi banget biskuitnya ya mbak.. punyaku belepotan abizzz... salam KBB :)

mae mengatakan...

kak Uliiii, biskitnya rapih beneeer.... aduh pengen nyomot lagi deh rasanya. Gimana, masih morning sick ?