Sabtu, 08 November 2008

YANG LEZAT DARI MAKASAR..


Dulu waktu aku masih kecil sering banget menikmati hidangan-hidangan lezat dari makasar. Baik itu coto makassar, es palubutung, es pisang hijau, termasuk juga jajanan yang satu ini, jalangkote..jajanan yang satu ini nih sebenarnya banyak sekali terdapat di daerah-daerah lain di indonesia, cuma dengan nama yang berbeda. Pada umumnya di daerah lain jajanan ini di sebut pastel..emm pasti udah banyak yang tahu pastel khan?? jajanan pasar yang berisi beraneka macam isian..kalau pastel ini sendiri tidak beda jauh dengan jalangkote yang membedakannya adalah kalau pastel di makan dengan lombok lalap sedangkan jalangkote di makan dengan kuah cabe yang membuat citarasa dari jalangkote ini jadi sedikit berbeda dengan pastel. Udah lama sih pengen bikin jalangkote..tapi baru kemaren keinginan ini tercapai, setelah nemuin resepnya di tabloid koki lama. Resepnya OK banget, hasil akhirnya pun nggak ngecewain, gurih, renyah, di padu dengan kuah cabenya yang kecut manis...pokoknya pas banget. Ini dia resepnya yang patut di coba di dapur...

JALANGKOTE

Resep : Tabloid koki Edisi 00116 (februari 2008)



Bahan kulit :
tepung protein sedang 200 g
telur ayam 1 butir
santan 60 ml (aku pake sedikit kara di campur air biasa..,amalia)
garam 1/2 sdt
50 ml minyak goreng panas
minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Bahan Isi :
Wortel 75g, potong dadu (aku pake 2 biji yang kecil..,amalia)
kentang 75g, potong dadu (aku pake 100 g)
Daging sapi cincang 100 g
Telur rebus 2 butir, rebus dan belah masing-masing jadi 6 buah
Tauge 50 g (aku ngga pake..,amalia)
Soun 25 gram (aku ngga pake..,amalia)
bawang prei 1 batang, iris tipis
air 25 ml

Bumbu :
bawang putih 3 siung, iris tipis
bawang merah 4 butir, iris tipis
merica bubuk 1/2 sdt
pala bubuk 1/4 sdt
kaldu bubuk
garam dan gula secukupnya

Saus :
Cabe merah 4 buah
cabe rawit 2 buah
bawang putih 4 siung
bawang merah 3 siung
garam secukupnya
cuka 1/2 sdt
gula pasir 1 sdt
air 200 ml


Cara buat :
Isi :
Panaskan 2 sdm minyak, tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum, tambahkan bawang prei setelah itu masukkan daging cincang, wortel dan kentang. Tuang air masak hingga 1/2 matang. Masukkan garam, merica dan kaldu bubuk, masak hingga bahan isian matang.

Kulit :
Masukkan terigu dalam kom, tambahkan telur, garam, dan santan aduk rata. Setelah itu masukkan minyak panas, uleni hingga adonan kalis. Gilas adonan hingga tebal 3 mm, potong bentuk bulat ukuran diameter 10 cm.

Penyelesaian:
Ambil satu lembar kulit, letakkan 2 sdm bahan isian dan 1 potong telur diatasnya. Katupkan dan rekatkan dengan putih telur membentuk 1/2 lingkaran.pilin tepinya. Lakukan sampai adonan habis.

Pembuatan saus :
Campur semua bahan saus kecuali air dan cuka, haluskan dengan blender. Panaskan 2 sdm minyak tumis bumbu halus hingga matang, angkat. Rebus air, masukkan bumbu tumis dan cuka. Masak hingga matang.
Sajikan jalangkote dengan saus.

2 komentar:

mae mengatakan...

ya ampooon.... dah lama gak makan ini ! pengeeeen... ayo kirimin dong dr malang :)

Fritzter mengatakan...

Halo, saya minta ijin copy gambarnya ya?
Terima Kasih.