Selasa, 22 Juli 2008

Kue Lumpur



Beberapa hari ini ngga tau kenapa kok pingin bikin kue lumpur. Kebetulan di rumah kan ada kentang, mau bikin donat kok males..akhirnya nyoba deh bikin kue lumpur. Sebenarnya sih aku ngga punya cetakan kue ini. Rencananya sih mau pinjem mamaku, kata mama dia baru beli cetakan lumpur. Aku sendiri sih blum liat cetakannya bentuknya kayak apa..akhirnya aku nyuruh pembantuku untuk ngambil cetakannya ke rumah mama. Setelah pembantuku nyampe ke rumah aku cepet2 buka plastik bungkus cetakan kue lumpurnya...Wakkks kaget aku..ternyata cetakannya besaaaar...terus aku telpon mamaku mau memastikan apa bener cetakan yang di kasih mamaku..dan ternyata bener emang itu cetakannya. Ya ampun masak iya sih kue lumpur yang di jual2 itu cetakannya segini. Alah..daripada kebanyakan mikir yang ngga jelas akhirnya rencana buat kue lumpur di lanjutin. Resep aku liat dari dapurnya mbak widya. Terus waktu mau nyetak agak nervous juga..soalnya ngeliat lobang cetakannya yang segede gambreng..akhirnya supaya nggak terlalu eneg aku nyetaknya tipis2..yaaaah bentuknya sih kurang menarik soalnya tuipis tipisngaak jelas getooo..tapi rasanya alhamdulillah ngga mengecewakan. ini dia resepnya.


Kue Lumpur Kentang (Susu)
by WidyaHidayat

Bahan:
250gram Kentang - Kukus, Haluskan - Dinginkan
150gram Tepung Terigu
150gram Gula Pasir
25gram Susu Bubuk
100gram Margarine - cairkan
300ml Susu Cair
2butir Telur Utuh
Vanili Bubuk/Vanili Pasta secukup nya

Taburan/Topping:
Kismis
Kelapa Muda

Cara membuat:
1. Campur semua bahan kering jadi satu (Kentang, Tepung, Gula, Susu Bubuk)
2. Masukkan telur sambil terus diaduk/dikocok dengan kecepatan rendah saja
3. Masukkan susu cair, kocok lagi - terakhir masukkan margarine cair dan pasta vanili. Aduk rata - siap dicetak.
4. Cetak dengan cetakan kue lumpur atau cetakan pofertjess - pada saat setengah matang taburi dengan bahan taburan - tutup kembali cetakan diamkan sampai matang.

Tidak ada komentar: