Rabu, 21 Juli 2010

Kangen Lapis Surabaya



Udah beberapa hari ini kangen banget pengen bikin lapsur. Hubby juga sebenarnya udah dari bulan yang lalu minta di buatin lapsur. Tapi dasar setan males dateng..jadi deh bikin lapsurnya ketunda-tunda.Resep lapis surabaya yang aku buat kali ini termasuk resep lapsur yang ekonomis alias irit telur. Pengiritan booo..harga telur kan lagi naik..and lagi lebih sehat getooo..supaya gak kena kolestrol..hehhehe..tapi walaupun irit telur, lapsurnya tetep enak and cakenya halus. Gak nyesel deh pokoknya..
Okeh deeh..ini dia resep lapsur yang aku buat.Kemaren aku buat cuman 1/3 resep pake loyang lapsur ukuran 23x30 cm..

Lapis surabaya Ekonomis
Sumber : lupa nih..

untuk loyang kotak ukuran 22x22

Bahan :

Lapis kuning buat 2x:
5 kuning telur
3 putih telur
60 g gula pasir
1 sdt emulsifer
35 g tepung terigu
15 g susu bubuk
15 g maizena
100 g mentega (lelehkan)

Lapis coklat :
5 kuning telur
3 putih telur
60 g gula pasir
1 sdt emulsifer
25 g tpng terigu
15 g coklat bbk
10 g susu bbk
15 g maizena
100 g mentega (lelehkan)

Cara buat:
Bahan-bahan kering di ayak jadi satu kemudian sisihkan.
Kocok telur, gula sampai setengah mengembang setelah itu masukkan emulsifer kocok terus hingga putih, kental berjejak dan adonan jatuhnya berat, setelah itu masukkan bahan kering aduk rata terakhir masukkan mentega cair. Setelah itu panggang adonan dengan api 170 derajat selama kurleh 30 menit. Tes dengan tusuk gigi apabila tidak lengket dan adonan membal ketika di tekan berarti cake telah matang.
Setelah cake dingin tumpuk cake dengan menggunakan macem2 filling. Bisa dengan butter cream, ganache, whipping cream, suka-suka hati deeh..yang penting sesuai dengan selera masing-masing. Selamat mencobaaa...

Tidak ada komentar: