Sabtu, 14 Juni 2008

Brownis kukus yang selalu..


Brownis kukus adalah kue pertama yang berani aku jual. Awalnya sih aku nggak berani jualan kue..paling aku buat kue untuk konsumsi sendiri. Maklum lah orang di rumah tuh pada doyan ngemil terutama yang nulis..hehhee..abis gimana mau berani jualan orang ilmu yang aku punya masih "chetek" banget, jadi masih ada perasaan minder apalagi kalo berdekatan ama yang udah expert. Tapi karena dorongan dari berbagai pihak, maka aku berani-berani'in nawarin hasil karyaku. Awalnya sih temen arisan, mama-mama temen sekolah anakku..sampai akhirnya orang yang ngga aku kenal. Alhamdulillah..ternyata ada juga yang sreg ama kueku, and mulai mesen2. Awalnya grogi bo..waktu bikin kue pesenan orang. Soalnya takut ngga jadi lah..takut basah di tengahnya lah, takut atasnya pecah lah..waaah pokoknya banyak tekanan lah..yah..memang ilmu itu mahal harganya. aku banyak belajar dari kesalahan-kesalahan yang aku buat. Tapi semua itu ada hikmahnya. Tekad yang bulat, semangat kerja keras pasti akan membuahkan hasil..aduh kok kata-katanya gini amat ya?? nah ini dia aku sertakan foto and resep brownis kukus. Semoga sukses membuatnya ya..ada tipsnya nih kalo bikin brownis kukus, panaskan dandang dulu sampai mendidih sebelum brownisnya di masukin. Ketika brownisnya mulai di kukus api agak dikecilkan supaya brownisnya nanti nggak pecah permukaannya. Tutup dandang harus di alas dengan kain yang menyerap air (kalau bisa yang tebel) untuk mencegah ada air yang menetes di permukaan brownis. Karena kalo ketetesan air maka kuenya basah dan gak akan bisa kering lagi. Kan jadi jelek bentuknya. Ok selamat mencoba..

Brownis Kukus
resep : tabloid nyata

Bahan A :
4 butir telur ayam
300g gula pasir
1 sdt sp
1/4 sdt vanili

Bahan B :
200g tepung terigu
1 sdm susu bubuk
1 sdt baking powder
50g coklat bubuk
di ayak jadi satu

Bahan C :
225g mentega
100g coklat blok
Di tim sampai leleh

Cara buat:
- Bahan A di kocok sampai putih setelah itu masukkan bahan c, terakhir masukkan campuran bahan aduk sampai rata. Setelah itu kukus kurang lebih 45 menit. Siap di sajikan.

Tidak ada komentar: