Jumat, 20 Juni 2008

Sosis Solo


Karena aku suka sama jajanan ini, nggak salah dong kalo aku akhirnya berusaha nyari2 resep buat praktek sendiri..itung2 kalo bisa bikin sendiri kan bisa lebih ngirit..dan dapatnya banyak..jadi puaass makannya. Akhirnya setelah nanya sana nanya sini dapet deh resep sosis solo dari temen mamaku. Buru2 deh aku beli bahan2 pengen segera mempraktekkan resepnya..tapi setelah aku praktekkin kok..hasilnya nggak maksimal ya..walah..ya mesti aja nggak maksimal, wong resepnya pake takeran "kira2". Iya nih aku belum cerita kalo resep yang di kasih temen mamaku itu semua serba kira2 takerannya. Misalnya aja tepungnya di kira2 aja ya..terus banyaknya air di kira2 ya...waaah kacau gimana mau hasil yang sempurna..mungkin yang ngasih resep pengen aku belajar sendiri sampe nemu sendiri takeran yang kira2 pas buat aku.Tapi mana mungkin wong aku ini masih anak bawang di dunia per"kue"an. Yang resepnya udah jelas aja kadang ngga jadi. Apalagi yang kira2..hehehehhe.Akhirnya aku nyari2 resep via internet. Aku buka goggle and ngetik sosis solo..ya banyak sih resep2nya.cuman sekarang akunya yang bingung mana yang mau aku pake. Setelah aku pilih2 akhirnya aku putusin pake resep yang satu ini. Setelah aku coba hasilnya perfectoo...italianoo..waks ngomong apa aku ini..hasilnya memuaskan boo..rasanya lebi enak daripada sosis solo yang pernah aku makan. Setelah aku coba beberapa kali, sosis solo ini aku masukin ke daftar menu kue jualanku. Ini dia resepnya..

Sosis Solo

Bahan kulit :
300g tepung terigu
4 butir telur ayam
30g margarin (cairkan)
1 sdt garam
1 sdm gula pasir
400 cc santan encer

Bahan Isi :
Ayam giling 300g
bawang merah 2 bj
bawang putih 2 biji
(dihaluskan)
merica bbk, garam, gula pasir
1 sdm margarin untuk numis

Cara buat:
- Campur telur, tepung, garam, gula, lalu diaduk sampai rata
- Masukkan santan aduk sampai halus
- Tuang mentega cair lalu di aduk sampai licin
- Di dadar tipis2 pake teflon ukuran 12 cm

Isi:
bawang merah and putih yang sudah di haluskan di tumis pake mentega sampai harum setelah itu masukkan ayam masak sampai matang setelah itu masukkan garam gula, merica, aduk hingga rata dan matang. siap buat isian.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

hmm...ijin coba resep y..
cz selama ni tuk kulit q g pake santan tapi pake susu 2 sdm+air 400cc...n g pake margarin..hasilnya enak bnget g pake lengket n pecah..
klo isi sh sama resepnya cmn +daun bawang batang putihnya (prei) 300g..